Jumat, 19 November 2010

PENGORGANISASIAN


1. Pengorganisasian
a. Pengertian pengorganisasian
Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Pengertian Pengorganisasian.
Seperti telah diuraikan sebelumnya tentang Manajemen, Pengorganisasian adalah merupakan fungsi kedua dalam Manajemen dan pengorganisasian didefinisikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya. Dengan demikian hasil pengorganisasian adalah struktur organisasi.
Pengertian Struktur Organisasi
Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan meninjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan.
b. Teori teori Organisasi
a.       Scientific Management : Penggantian metode dari pekerjaan ditentukan secara ilmiah.
b.      Prisip prinsip Organisasi : Pembagian kerja/spesialisasi.
c.       Birokasi : Adanya pembagian kerja
d.      Perencanaan Rasional : Tujuan utama perusahaan adalah Ekonomis
2. Sruktur Organisasi
a. Bentuk bentuk Organisasi
1.Bentuk Organisasi Garis
Bentuk ini merupakan bentuk organisasi paling tua dan paling sederhana. Bentuk organisasi diciptakan oleh Henry Fayol. Biasa juga disebut dengan organisasi militer dimana cirinya adalah struktur organisasi ini relatif kecil, jumlah karyawan yang relatif sedikit, saling kenal, dan spesialisai kerja yang belum begitu rumit dan tinggi.
2. Bentuk Organisasi Fungsional
Bentuk ini merupakan bentuk dimana sebagian atau segelintir pimpinan tidak mempunyai bawahan yang jelas karena setiap pimpinan berwenang memberikan komando pada bawahannya. Bentuk ini dikembangkan oleh FW Taylor.
3. Bentuk Organisasi Garis dan Staff
Bentuk ini umumnya dianut oleh organisasi besar, daerah kerja yang luas, mempunyai bidang tugas yang beraneka dan rumit serta jumlah karyawan yang banyak. Bentuk ini diciptakan oleh Harrington Emerson
3. Departementasi
a. Departementasi Fungsional
                Departemen fungsional meliputi Departemen Penjualan, Departemen Pembelian, Departemen Sumber Daya Alam, dan Departemen Keuangan.
b. Departemen Devisional
            Pembagian divisi atas dasar produk, wilayah, langganan dan proses. Kebaikan dari Departemen Devisinal adalah pekerjaan lebih mudah dikoordinasikan dan prestasi kerja yang tinggi, serta kualitas dan kecepatan pembuat keputusan meningkat.
c. Organisasi Proyek dan Metrik
            Metrik perangkat lunak mengacu pada suatu jangkauan luas pengukuran perangkat lunak computer. Pengukuran dapat diteraperangkat kerasan pada proses perangkat lunak guna mengembangkannya dengan dasar yang kontinu. Pengukuran dapat digunakan di seluruh proyek perangkat lunak untuk membantu perhitungan, control kualitas, perkiraan produktivitas, dan control proyek. Akhirnya, ppengukuran dapat digunakan oleh perekayasa perangkat lunak untuk membantu memperkirakan kualitas produk kerja teknis untuk membantu mengambil keputusan taktis pada saat proyek sudah berjalan.

Terima Kasih :)
Sumber by www.google.com Dan Lain lain

           

0 komentar:

Posting Komentar


 
Copyright © 2010 y u g o :D | Design : Noyod.Com